:.R.A.E.:
TONK SAMPAH poenya RIDWAN A EDHY

BASS



APA ITU BASS...:
Secara garis besar bunyi terbagi atas hi, middle, dan low frequency. Bunyi bass menempati posisi low frequency.
Sedangkan dari struktur musik, harmonisasi nada tersusun secara mendasar dalam bentukkan chord, yaitu, do-mi-sol atau nada 1-3-5. Nada satu diistilahkan sebagai nada akar. Dari sudut frequency bunyi, nada satu adalah low frequency, nada tiga adalah middle frequency, dan nada lima adalah hi frequency. Dengan demikian posisi bass-line terletak pada nada akar atau nada satu.
Ketentuan fungsi bass-line dalam mengkoordinasikan nada akar, menempatkan bass sebagai landasan bagi harmonisasi nada, seperti pengisian gitar, keyboard, maupun vocal (terutama di segi harmonisasi vokal atau pecah suara).
Bass sebagai low frequency cenderung dominan bila dibunyikan secara bersamaan dengan frequency bunyi lainnya. Oleh karena itu di dalam tatanan musik, sebaiknya bass meminimal pilihan nadanya. Supaya fungsinya efektif dalam mendukung frequency bunyi lainnya. 

Tatanan musik secara garis besar terbagi atas beat, ritme, dan melodi. Minimalis dalam penggunaan nada adalah karakter dasar dari ritme. Dengan demikian fungsi bass di musik termasuk di dalam kategori ritme.
Di sisi lain, ritme juga merupakan kewajiban utama drum dari segi beat. Perbedaannya. Drum cenderung tidak bernada. Sedangkan bass memiliki nada, selain beat. Dengan demikian bass adalah satu2nya peran yang memiliki dwi-fungsi kewajiban, dan menjadi kunci dari penggabungan beat dan nada di musik.
Definisi musik adalah organisasi bunyi, waktu, dan tensi. Bunyi secara musikal termasuk di dalamnya beat dan nada. Waktu adalah penentuan kapan beat dan nada dibunyikan. Sedangkan tensi adalah suasana yang terwujud oleh interaksi bunyi dan waktu.
Konstruksi dasar musik adalah ritme. Sedangkan konstruksi dasar ritme adalah beat. Oleh karena itu, musik tidak hanya sebatas harmonisasi nada saja, akan tapi musik juga harus dilengkapi dengan harmonisasi beat.
Kesimpulan di atas menunjukan bahwa bass adalah landasan dari segala interaksi yang berlaku di musik. Masih lagi ditambahkan dengan kewajibannya sebagai drive di musik, menjadikan peran bass sebagai bentukkan tanggung-jawab yang tidak kalah besarnya dengan kewajiban seorang kapten terhadap armadanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Laris Manis

Jama'ah


ShoutMix chat widget

Toko Baju Online