:.R.A.E.:
TONK SAMPAH poenya RIDWAN A EDHY

Sifat Manusia



Psikologi Sifat Manusia
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandinkankan dengan ciptaan tuhan yang lain. Kesempurnaan itu bisa dipahami dari substansi manusia bahwa selain potensi fisik manusia yang indah, manusia dibekali juga potensi ruhaniah seperti akal pikiran dan hati nurani yang apabila digunakan dengan baik dan benar dapat memperkokoh kedudukannya sebagai manusia.
Manusia diciptakan ke muka bumi selain sebagai hamba ia juga diciptakan sebagai khalifah (pemimpin) baik bagi dirinya maupun bagi semesta di sekelilingnya. Oleh karena itulah potensi manusia tersebut harus dioptimalkan fungsinya agar tugasnya di muka bumi tersebut dapat terlaksana dengan baik. Untuk melaksanakan tugasnya, manusia harus mampu membedakan dua perkara yang sangat substansial dalam dinamika kehidupan, yaitu antara yang hak dan yang batil, yang benar dan yang salah, yang positif dan negatif dan seterusnya. Pembedaan antara kedua hal tersebut dapat tercermin dari perilaku manusia itu sendiri, tentunya yang dipengaruhi oleh kehendaknya masing-masing individu dalam menjalankan perilakunya. Berikut ini saya identifikasikan secara psikologis beberapa sifat baik (positif) dan sifat buruk (negatif) dari seseorang:
Sifat – sifat positif
1.     Kelekatan dengan orang lain
Kelekatan dengan orang lain merupakan hubungan yang lebih bersifat emosi dan sosial terhadp orang lain.
2.    Rasa cinta
Rasa cinta yang tumbuh dan berkembang dalam diri seseorang dapat mejadikan orang tersebut merasakan kedamain hidup. Seperti kecintaan pada orang tua, anak, saudara dan sebaginya.
3.    Menerima diri, orang lain dan dunia apa adanya
Sifat ini bisa didasari oleh faktor keyakinan terhadap suatu hal sehingga seseorang dapat mempunyai optomisme dalam hidupnya.
4.    Berempati
Empati merupakan sifat naluriah yang merupakan bentuk atau manifestasi dari kepedulian sosial.
5.    Senang melihat orang mendapatkan kebahagiaan
Sifat ini merupakan sifat yang menjadikan seseorang tersebut bisa menerima dirinya sebagaimana adanya, sehingga ia tidak gusar melihat kebahagiaan yang diterima orang lain.
Sifat – sifat negatif
1)    Menang sendiri
Menang sendiri biasanya menjadikans seseorang ingin menguasai segala sesuatu di luar dirinya, termasuk bagaimana ia bisa menjadi pengatur dan orang yang dipatuhi.
2)   Tidak bisa membatasi diri
Rasa ingin melakukan segala sesuatu yang menurutnya mungkin dilakukan, tanpa berfikir lebih jauh tentang sebab akibatnya, tidak jarang sifat ini membuahkan penyesalan.
3)   Agresif
Sifat ini sering mejadikan seseorang terlalu cepat dalam mengambil tindakan yang tidak mudah dikontrol atau terjadi secara spontanitas.
4)   Cemas atau khawatir berlebihan
Perasaan cemas dan khawatir yang berlebihan menjadikans seseorang berhenti pada tempatnya. Hidupnya menjadi pesimis dan tidak emmpunyai pandangan ke depan.
5)   Mudah marah
Sifat pemarah merupakan bentuk gagalnya dari sistem pengendalain diri dan penguasaan terhadap jiwa atau bahkan raga.
Beberapa contoh sifat di atas secara naluriah telah melekat pada diri manusia, karena selain hati nurani yang dapat menentukan kebenaran, manusia juga dibekali nafsu yang mendorong manusia untuk berbuat sesuat yang dianggap salah. Namun demikianmanusia mempunyai pilihan untuk memilih salah satunya ataupun menjalankan kedua-duanya dalam perilaku sehari-hari. Semua kembali kepada pribadi masing-masing yang saling mempunyai kebebasan untuk memilihnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Laris Manis

Jama'ah


ShoutMix chat widget

Toko Baju Online