:.R.A.E.:
TONK SAMPAH poenya RIDWAN A EDHY

Musik Menurut Anda



 Musik Menurut Anda? 

Pada era ini tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap bidang kehidupan, musik menunjukan perannya yang essensial baik besar maupun kecil, baik secara langsung ataupun tidak, entah itu berupa iklan, teater/drama, film, religi (scooring music), sampai dibidang olahraga. Pertanyaannya adalah, apakah sekarang ini masih ada bidang kehidupan yang tidak tersentuh oleh musik sama sekali? 

Musik sebagai sebuah seni merupakan kebutuhan fisik dan batin Manusia yang universal dan menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Musik timbul atau tercipta karena ada suatu hal yang ingin disampaikan oleh para pemusik tentunya, ide-ide, gagasan, pengalaman hidup, perjuangan hidup, dan lainnya yang ingin disampaikan kepada orang lain. Maksud dan tujuan para pelaku musik untuk membuat musik pastinya berbeda-beda, namun pastinya ada hal yang ingin disampaikan melalui karya tersebut, perbedaan inilah yang akhirnya memunculkan perbedaan dalam corak atau gaya bermusik..

Pemusik menciptakan musik adalah untuk Mengungkapkan pengalaman, baik pengalaman kita sendiri, atau juga melihat dari pengalaman orang lain, Jadi sebuah karya tercipta bukan hanya sebatas pengalaman pribadi pemusik, tapi juga pengalaman orang lain disekitar kita. Hanya saja bagaimana seorang pemusik mengemasnya atau meng create liriknya dan mengkolaborasikan dengan instrumen musik dan nada2 yang harmonis menciptakan musik atau lagu yang indah, sehingga atmospher dari musik itu sendiri mampu menyentuh hati penikmat musik atau orang lain yang mendengarnya.

Hal yang sulit dalam  menciptakan Musik adalah menemukan dan mengungkapkan ide-ide yang original yang benar2 baru dan bisa diterima para penikmat musik. Justru disitulah tantangannya bagaimana menciptakan sebuah karya musik yang benar-benar berbeda dan bukan plagiat. Karena karya plagiat menurut saya adalah “pengkebirian dan pemerkosaan terhadap sebuah karya”. Pelaku musik yang bisa mengungkapan ide-ide baru biasanya adalah pemusik yang kritis, ide bisa muncul dari keinginan untuk memunculkan hal baru.

Fungsi musik untuk penikmat Musik

Suatu waktu saya pernah melihat beberapa konser musik di Indonesia, baik workshoop instrumen maupun grup Band, baik di salah satu media Televisi ataupun pentas seni sekolah, kampus dan sebagainya. Para penikmat musik atau penonton menunjukan kecenderungan untuk menggerakan fisiknya ketika pertunjukan berlangsung, ada yang menikmati sambil menggoyangkan kepala, sekedar mengetuk-ngetuk jari, atau ada yang paling ekstrim seperti menabrakan tubuhnya ke sesama penikmat musik lainnya, dan tidak jarang mereka terluka. Maka fungsi musik bagi penikmat musik dalam hal ini adalah untuk mengungkapkan ekspresi fisik manusia, karena mereka merasa menjadi bagian dari musik itu sendiri, terbawa suasana alunan music itu sendiri. Alangkah lebih baiknya diekspresikan secara tertib dan tidak berlebihan sehingga tidak terjadi huru-hara atau anarkis.

Musik untuk penyaluran emosi, seseorang akan memilih musik tertentu berdasarkan susasana hati yang timbul, entah itu ketika teringat pujaan hati, kehilangan seseorang, depresi atau apapun keadaanya, tentu jenis musik yang didengarkan akan berbeda tergantung emosi penikmat musik itu sendiri.

Lalu musik sebagai hiburan, bagi penikmat musik, musik didengar untuk mengisi kekosongan waktu, atau ketika seseorang bekerja atau mengerjakan tugas lain sambil mendengarkan musik.. jadi fungsi musik disini adalah sebagai hiburan semata.

So, buat kamu sendiri fungsi musik itu untuk apa?? sejauh apa musik menyentuh hidup kamu? pengalaman apa yang membuat musik menjadi pilihan untuk kamu dengarkan? Seberapa besar fungsi musik untuk kehidupan kamu? jenis musik apa yg benar-benar membuat kamu tenang dan damai? Pilihlah sesuka hati dan seleramu masing-masing karena tidak ada seorang manapun yang bisa melarang atau menghalangi cita rasa musikmu. “Music Will Never Die”
0 komentar:

Posting Komentar

Laris Manis

Jama'ah


ShoutMix chat widget

Toko Baju Online