:.R.A.E.:
TONK SAMPAH poenya RIDWAN A EDHY

Pengajaran Bahasa Arab


Gambaran Umum tentang :
PERENCANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB

Apa yang di maksud PPBA
Perencanaan pengajaran berarti pemikiran tentang penerapan prinsip- prinsip umum mengajar didalam pelaksanaan tugas mengajar dalam suatu interaksi pengajaran tertentu yang khusus baik yang berlangsung di dalam kelas ataupun diluar kelas, karena ini berkaitan dengan bahasa arab, maka yang dimaksud disini adalah pengajaran bahasa arab

Faktor yang mendukung tujuan pembelajaran :
         Persiapan sebelum mengajar
         Situasi ruangan dan letak sekolah dari jangkauan kendaraan umum
         Tingkat intelegensi siswa
         Materi pelajaran yang akan disampaikan

Faedah perencanaan :
         Karena adanya perencanaan maka pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif. Artinya seorang guru bisa memberikan materi pelajaran dengan baik karena ia harus dapat menghadapi situasi di dalam kelas secara mantap, tegas dan fleksibel.
         Karena perencanaan maka seseorang akan tumbuh menjadi seseorang guru yang baik. Yang di maksud adalah guru membuat persiapan yang baik dan adanya pertumbuhan berkat pengalaman dan akibat dari hasil belajar yang terus menerus.

Ada 7 aspek persiapan :
1.     Persiapan terhadap situasi, Mancakup : tempat, suasana ruangan kelas, dan lain-lain. Dan situasi umum harus dimiliki sebelum saudara mengajar di dalam kelas tersebut dengan pengetahuan saudara dapat membuat ancang- ancang terhadap variabel  faktor masalah dan menghadapi situasi kelas.
2.     Persiapan terhadap siswa yang akan dihadapi Maksud ; Sebelum guru mengajar ia harus mengetahui keadaan siswa tsb atau dengan kata lain guru harus membuat gambaran yang jelas mengenai keadaan siswa yang akan dihadapi selain dari pada faktor intern siswa tsb ( laki- laki dan Pr) seorang guru harus mengetahui taraf kematangan dan pengetahuan serta khusus dari pada siswa tsb.
3.     Persiapan dalam tujuan umum pembelajaran, Yang menyangkut tujuan instruksional apa yang akan dicapai oleh para siswa harus dimiliki seorang guru mencakup antara lain : Pengetahuan, kecakapan, keterampilan atau sikap tertentu yang konkrit yang bisa di ukur dengan alat- alat evaluasi.
4.     Persiapan tentang bahan pelajaran yang akan diajarkan Yang dimaksud dengan ini : Dengan adanya pengetahuan yang akan dihadapkan kepada siswa, si guru memiliki persiapan yang akan di sampaikan kepada siswa yang harus terdapat batas- batas, luas dan urutan- urutan pengajaran perlu di persiapkan
5.     -       Persiapan tentang metode- mengajar yang hendak di pakai
-          metode ceramah
-          metode tanya jawab atau diskusi
6.     Persiapan dalam penggunaan alat- alat peraga Misal : kapur dan papan tulis, pengahapus paling sedikit di gunakan tetapi dalam belajar pembelajaran di pergunakan alat pembantu adalah media yang mempertinggi komunikasi pada saat proses belajar berlangsung
7.     Persiapan dalam jenis teknik evaluasi Tujuan evaluasi : sampai sejauhmana daya serap terhadap produk bahasan yang saudara terapkan

Jenis alat evaluasi :
         Bentuk test apakah test tertulis maupun test lisan
Jenis- jenis perencanaan :
         Menurut Besaran :             
a. Perencanaan Makro
b. Perencanaan Meso
c. Perencanaan Mikro
         Menurut Telaahnya :            
a. Perencanaan Strategi
b. Perencanaan Manajerial
c. Perencanaan Operasional
         Menurut Jangka Waktunya :
a. Perencanaan Jangka Panjang
b. Perencanaan Jangka Menengah
c. Perencanaan Jangka Pendek

Tujuan Pembelajaran ;
         Tujuan pembelajaran terbagi atas 2 bagian :
a.      Tujuan pembelajaran umum
b.      Tujuan pembelajaran khusus

Kriteria Tujuan :
1.     Harus menggunakan istilah- istilah yang operasional Spt : menuliskan, menyebutkan, menghitung, membedakan, dsb.
2.     Harus dalam bentuk hasil belajar; Adalah Menggambarkan hasil belajar yang diharapkan pada diri   siswa setelah ia menempuh segala KBM atau dengan kata lain hasil apa yang sudah diperoleh setelah ia mempelajari suatu pokok bahasan.
3.     Harus berbentuk tingkah laku dari para siswa ; Artinya Setelah siswa mempelajari pokok bahasan tsb adanya perubahan pengetahuan tentang materi pelajaran.
4.     Hanya meliputi satu jenis tingkah laku; Adalah Kemampuan yang dimiliki oleh siswa cukup hanya terbatas saja.

Mengembangkan Evaluasi :
         Yang harus dilakukan dalam mengembangkan evaluasi;
         Perlu ditentukan jenis- jenis test yang harus di buat dan senantiasa Mengembangkan alat evaluasi

Perencanaan Desaign Instruksional :
Penyusun PDI di desaign untuk menjawab pertanyaan :
         Apa yang menjadi tujuan pembelajaran?
         Bagaimana prosedur dan sumber- sumber belajar yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan?
         Bagaimana kita mengetahui bahwa hasil belajar yang dihasilkan telah tercapai?

Adapun jawaban dari pertanyaan tadi ada 8 langkah :
1.     Menyusun pokok bahasan dan tujuan umum
2.     Karakteristik siswa
3.     Tujuan belajar
4.     Isi pokok bahasan
5.     Penjajakan terhadap siswa
6.     Kegiatan belajar mengajar
7.     Pelayanan penunjang
8.     Evaluasi

Metodologi Pengajaran
         Metode mengajar
         Media pengajaran
Ada beberapa jenis media pengajaran :
1.     Media gratis
2.     Media tiga dimensi
3.     Media proyeksi
4.     Lingkungan


Faktor- faktor yang harus diperhatikan seorang guru dalam media pengajaran:
a. Relevansi pengadaan media pendidikan
b. Kelayakan pengadaan media pendidikan
c. Kemudahan pengadaan media pendidikan

Beberapa hal yang harus diperhatikan seorang guru dalam menggunakan media pendidikan :
a. Apakah guru tersebut memahami manfaat media pengajaran
b. Guru harus terampil dalam menyediakan media pendidikan.

Media pendidikan di gunakan jika :
         Bahan pengajaran yang dijelaskan guru kurang di pahami siswa
         Guru tidak bergairah untuk menjelaskan bahan pelajaran melalui penuturan kata- kata verbal
         Perhatian siswa terhadap pengajaran sudah berkurang akibat kebosanan mendengar uraian guru.

Manfaat media pendidikan bagi pengajaran siswa :
         Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
         Metode mengajar akan lebih bervariasi
         Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar
         Motivasi belajar dari para siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan
         Dapat mengatasi sifat pasif dari para siswa

Kesulitan- kesulitan dalam media pengajaran :
         Biaya pengadaan
         Pengalaman seorang guru dalam menggunakan media pengajaran tersebut

Perencanaan Evaluasi Pengajaran :
         Penilaian terhadap pertumbuhan dan kemajuan peserta didik kearah tujuan- tujuan yang telah ditetapkan untuk mengetahui sampai dimana daya serap siswa setelah mengikuti pelajaran tersebut.

Azas Evaluasi Penilaian
1.     Azas Objektifitas
Objektif adalah suatu penilaian di katakan objektif apabila keadaan tepat menggambar keadaan yang sebenarnya.
2.     Universalitas
Menyeluruh apabila penilaian yang digunakan mencakup proses maupun hasil belajar serta menggambarkan perubahan tingkah laku tidak sengaja saja dalam ranah kognitif tetapi termasuk pula ranah efektif dalam psikomotor
3.     Continounitas
Berkesinambungan adalah pelaksanaan penilaian dilakukan secara terus menerus berencana dan bertahap

Langkah- langkah penilaian :
Pertama...
         Perencanaan penilaian/ perencanaan evaluasi; Penilaian berlaku untuk untuk tujuan harian, ujian umum semester baik gasal/ genap, EBTA terlebih dahulu harus menyusun kisi-kisi soal; adalah menggambarkan  lingkup bahan pengajaran dan jenjang prilaku yang diukur yaitu pengetahuan, sikap, keterampilan
Kedua…Pelaksanaan penilaian
         Harus berkesinambungan maksudnya adalah penilaian yang dilakukan secara berencana, terus menerus dan bertahap untuk memperoleh gambaran tentang perubahan tingkah laku siswa sebagai hasil KBM

Cara penilaian :
         Dilakukan dengan 2 cara yaitu :
Ø      Dengan cara kuantitatif
Ø      Dengan cara kualitatif

Standart penilaian :
         Sejalan dengan prinsip belajar tuntas penilaian di gunakan dengan standart mutlak atau penilaian acuan criteria artinya tidak ada pilih kasih

Bentuk- bentuk soal :
Ada dua macam :
Pertama...
         Pilihan berganda ada 5 yaitu :
1. Melengkapi pilihan
2. Hubungan antar hal
3. Tinjauan kasus
4. Asosiasi pilihan ganda
5. Membaca diagram
Kedua…Uraian
         Uraian objektif
         Uraian non objektif

Tingkat kesukaran dari soal :
         Selalu berbanding mudah : sedang : dan sukar
         Perbandingannya : 25 % 50% 25%

Penilaian soal untuk test hasil belajar :
Sebelum butir- butir soal disusun si guru harus menyusun TPK sesuai dengan Kurikulum dan Silabus yang telah di tetapkan

Tujuan pembelajaran khusus :
         Merupakan rumusan tingkah laku yang akan diukur melalui butir- butir soal. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan dalam menjabarkan TPU menjadi TPK:
         Pokok bahasan yang menunjang pencapaian tujuan pembelajaran umum
         Tingkat perkembangan/ umur dari para siswa pada jenjang pendidikan yang bersangkutan

Beberapa catatan dalam membuat TPK  :
         Setiap rumusan TPK selalu mengandung aspek prilaku dan aspek isi
         Agar bersifat operasional sehingga mudah di jadikan patokan dalam penyusunanbutir- butir soal dengan kata lain kata- kata kerja yang digunakan untuk aspek prilaku dalam tujuan pembelajaran khusus haruslah operasional , seperti ; menulis, menyebutkan, menghitung, merumuskan, memilih, dsb.

Pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar :
         menyusun program KBM
         Melaksanakan KBM
         Melaksanakan kegiatan penilaian

Penyusunan program pengajaran ada 3 komponen yang harus diperhatikan :
         Penguasaan materi
         Analisis materi pelajaran
         Penyusunan persiapan mengajar

Lingkup materi :
1.  Materi untuk siswa
2.  Materi untuk guru

4       Usaha yang harus dilakukan seorang guru :
1)     Musyawarah guru mata pelajaran
2)     Melalui sumber yang relevan
3)     Melalui ahli yang tersedia
4)     Melalui pendidikan khusus

Fungsi kegiatan pendalaman materi :
         Meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuan professional sehingga tidak ragu lagi dalam mengelola proses belajar mengajar.
         Memperdalam diri dan memperluas wawasan atas konsepsi tujuan akademis dan aplikasinya sehingga dapat di manfaatkan untuk melaksanakan analisis materi pelajaran

Sasaran analisis materi pelajaran :
         Terjabarkan pokok bahasan dan sub pokok bahasan
         Terpilihnya metode yang efektif dan efisien
         Terpilihnya sarana pembelajaran yang paling cocok




Sumber : dikutip dari Presentasi PowerPoint ‘Perencanaan Pengajaran Bahasa Arab oleh Qolbi Khoiri, M.Pd.I [Dosen STAIN Bengkulu]

0 komentar:

Posting Komentar

Laris Manis

Jama'ah


ShoutMix chat widget

Toko Baju Online